Tutorial Remote Desktop dengan TeamViewer

Beberapa waktu lalu pernah saya tulis ulasan mengenai TeamViewer. Nyatanya software ini sangat populer dikalangan remote desktop, tertulis dari situs resminya telah 100 juta pengguna software ini. TeamViewer juga sangat fleksibel dan mudah digunakan. Saya akan coba memberi tutorial gambaran sederhana pemakaiannya. Disini saya menggunakan 2 laptop sendiri dan mencoba meremotenya. Laptop 1 saya gunakan operating System Ubuntu 10.10 (meverick) dan laptop 2 saya gunakan Windows XP.

Download terlebih dahulu softwarenya di situs resminya, untuk pengguna linux bisa di download disini, dan tinggal pilih distro yang digunakan saya. Kebetulan saya gunakan Ubuntu 10.10, saya pilih paket Debian, Ubuntu (32-Bit) . Filenya .deb tinggal klik aja untuk proses instalasi. Saat ini pada saat penulisan versi yang digunakan terbarunya adalah v6.0.9258. Dan untuk windowsnya bisa di download disini, versinya saat ini v6.0.1111.7. dan langsung lakukan instalasi pada windows.

Setelah tahap instalasi saat nya menjalankan, ini bahkan mudah. Buka Application > Internet  > TeamViewer. Lalu buka juga TeamViewer di windows xp nya. Ini adalah tampilan aplikasinya di ubuntu

 

Dan ini di tampilan windowsnya

Ok terlihat ID TeamViewer di xp adalah 906 725 781 dan passwordnya 8420. Langsung kita menuju ke ubuntu untuk meremotenya. Dan kita masukkan Partner ID dengan ID target yaitu 906 725 781 dengan screenshot seperti ini

Ok langsung Connect to partner dan kita diminta memasukkan password, maka kita masukkan password TeamViewer target yang di windows yaitu 8420. Dan akan berhasil seperti ini

Dari sini kita bisa mengendalikan windows xp dalam linux, begitu mudah.

Sebagai catatan, TeamViewer ini dapat bekerja jika kedua PC terhubung dengan internet. Dan dalam pembahasan ini kedua user saling mengetahui diremote. Semoga software ini bermanfaat.

Leave a Reply

